RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
........................
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: IX/Genap
Materi
Pokok : Advertisement
Alokasi
Waktu : 4 Jam
Pelajaran @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Memahami fungsi
iklan pendek dan sederhana
•
Memahami cara
penyusunan dan struktur teks Advertisement
•
Memilih
kata-kata yang tepat untuk digunakan dalam iklan
•
Mendesain iklan
pendek dan sederhana berupa untuk
produk/servis
B.
Media
Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar
v Media : Prezi
v Alat/Bahan : Penggaris,
spidol, papan tulis, Laptop
v Sumber Belajar :
Buku
Bahasa Inggris Kelas IX
Kemendikbud Revisi Tahun 2018
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
|
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
|
|
Kegiatan Inti ( 130
Menit )
|
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik membaca
beberapa contoh iklan yang telah tersedia di buku.
|
Critical Thinking
|
Peserta didik mengidentifikasi
cara penyusunan dan struktur teks dari contoh yang telah mereka baca serta
amati.
|
Collaboration
|
Bersama teman
sebangkunya, peserta didik mendiskusikan design, pemilihan kata, dan
keunggulan produk/servis dari beberapa contoh iklan yang diberikan oleh guru.
|
Communication
|
Peserta didik memberikan
opini mereka mengenai hasil diskusi dan observasi mereka.
|
Creativity
|
Peserta didik secara
individu membuat iklan cetak (flyer) mengenai suatu produk/servis menggunakan
canva / photoshoop / corel draw.
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|
Peserta didik dan guru mendiskusikan tentang point-point penting dalam
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
|
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Pengetahuan berupa observasi terhadap diskusi tanya jawab
dan percakapan serta penugasan
-
Penilaian Keterampilan penilaian project
LAMPIRAN
A.
Penilaian Ketrampilan
Project:
1.
Please
think about any product or service that you want to sell in the future.
2.
Write
your idea as a flyer using any application such as canva, photoshoop, or corel
draw.
3.
The
due date is on 29 February 2020.
Criteria
|
Excellent
(76-100)
|
Good
(51-75)
|
Avarage
(26-50)
|
Poor
(1-25)
|
Editing
|
The color gradation, choice of font, and editing is excellent
|
The color gradation, choice of font, and editing is good enough
|
The color gradation, choice of font, and editing is average
|
The color gradation, choice of font, and editing is poor
|
Content
|
The text structure is complete
|
Miss one of the text structure
|
Miss two of the text structure
|
Miss more than two of the text structure
|
Scoring Table
Material :
Class / Semester :
No
|
Student’s Name
|
Editing
|
Content
|
Total Score
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar