RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP .....................
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: IX/Genap
Materi
Pokok : Passive Voice
Alokasi
Waktu : 4 Jam
Pelajaran @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Mengidentifikasi
ciri-ciri kalimat passive voice
•
Menyusun kalimat
passive voice dengan tepat
•
Menggunakan kalimat
passive voice dalam percakapan
B.
Media
Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar
v Media : Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar
penilaian
v Alat/Bahan : Penggaris,
spidol, papan tulis, Laptop & infocus
v Sumber Belajar :
Buku
Bahasa Inggris Kelas IX
Kemendikbud Revisi Tahun 2018
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
|
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
|
|
Kegiatan Inti ( 130
Menit )
|
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik diajak
untuk mengamati percakapan antara Udin, Dayu, Lina, Beno, Edo, dan Siti untuk
kemudian dianalisis
|
Critical Thinking
|
Guru mendorong peserta
didik untuk menemukan susunan kalimat di dalam percakapan yang mereka baca,
yang tidak sesuai dengan tenses yang telah mereka pelajari.
|
Collaboration
|
Peserta didik saling
berbagi temuan mereka dan mempelajari apa yang membuat kalimat-kalimat temuan
mereka disebut Passive Voice. Selanjutnya peserta didik mencoba melengkapi
percakapan di lembar kerja siswa secara berkelompok.
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka dan kelompok lain memberi
koreksi bila terdapat kesalahan.
|
Creativity
|
Peserta didik secara
individu membuat statement mengenai hal yang telah mereka lakukan dan belum
mereka lakukan menggunakan passive voice.
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
|
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
|
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Pengetahuan berupa tes tulis
-
Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja
LAMPIRAN
A.
Penilaian Pengetahuan
Assignment
1.
Please
make 5 statements about things you have done & 5 statements about things
you haven’t done.
2.
After
that, write them become two paragraph that tell about your goal and achievement.
3.
Your
assignment will be graded based on the following criteria rubric.
Criteria
|
Excellent
(76-100)
|
Good
(51-75)
|
Average
(26-50)
|
Poor
(1-25)
|
Level of Content
|
Content indicates synthesis of ideas, in-depth analysis and evidences
original though and support for the topic.
|
Content indicates original thinking and develops ideas with evidence
of critical thinking.
|
Content indicates thinking and reasoning applies with original though
on a few ideas.
|
Main points lack detailed development. Ideas are vague with little
evidence of critical thinking.
|
Grammatical form
|
Includes grammar structures correctly
|
Makes 1-5 mistakes with grammar structure
|
Makes more than 5 errors with grammar structure
|
Make many mistake in grammatical structure.
|
Scoring Table
Material :
Class / Semester :
No
|
Student’s Name
|
Level of content
|
Grammatical form
|
Total Score
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar