RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
.................
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: IX/Genap
Materi
Pokok : Song
Alokasi
Waktu : 4 Jam
Pelajaran @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Memahami makna
dan cara penggunaan kosakata-kosakata yang baru mereka ketahui
•
Mengemukakan
makna tersirat dari lagu yang mereka dengarkan
B.
Media
Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar
v Media : Joox
/ Spotify
v Alat/Bahan : Penggaris,
spidol, papan tulis, Laptop
v Sumber Belajar :
Buku
Bahasa Inggris Kelas IX Kemendikbud Revisi Tahun 2018
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
|
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
|
|
Kegiatan Inti ( 130
Menit )
|
|
Critical Thinking
|
Peserta didik mendengarkan
lagu “Que Sera, Sera” dan mencoba memahami maksud serta pesan dari sang
penulis lagu.
|
Collaboration
|
Bersama teman
sebangkunya, peserta didik mendiskusikan temuan mereka dari lagu tersebut.
|
Communication
|
Secara bergantian, peserta
didik menyampaikan pendapat mereka dari tempat duduk masing-masing. Guru
mengarahkan adanya diskusi dan Tanya jawab antar peserta didik.
|
Creativity
|
Peserta didik secara
individu menuliskan lagu berbahasa inggris favorit mereka diatas buffalo
berwarna, menjabarkan alasan mengapa mereka menyukai lagu tersebut, serta makna
/ pesan yang mereka dapatkan dari lagu tersebut.
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|
Peserta didik dan guru mendiskusikan tentang point-point penting dalam
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
|
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Pengetahuan berupa tugas tertulis
-
Penilaian Keterampilan penilaian project
LAMPIRAN
A.
Penilaian Pengetahuan
Assignment
Full name :
Class :
Day / date :
1.
Find
10 difficult vocabularies from the song “I remember” in your note book
2.
After
that find their synonym using oxford dictionary.
3.
Each
correct answer will be graded 10
Num
|
Vocabulary
|
Synonym
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Scoring Table
Material :
Class / Semester :
No
|
Student’s
Name
|
Right Number
|
Wrong Number
|
Score
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar