RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP .......................
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: IX/Genap
Materi
Pokok : Factual Report
Alokasi
Waktu : 4 Jam
Pelajaran @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Memahami
informasi tentang benda, binatang, maupun fenomena social.
•
Membuat teks
mengenai benda, binatang, maupun fenomena sosial.
B.
Media
Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar
v Media : Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar
penilaian
v Alat/Bahan : Penggaris,
spidol, papan tulis, Laptop
v Sumber Belajar :
Buku
Bahasa Inggris Kelas IX
Kemendikbud Revisi Tahun 2018
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
|
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
|
|
Kegiatan Inti ( 130
Menit )
|
|
Kegiatan Literasi
|
Peserta didik yang
dipilih oleh guru membacakan percakapan yang ada di buku sedang yang lain
menyimak dengan seksama
|
Critical Thinking
|
Peserta didik
mempelajari cara penyampaian dan penyusunan factual report dari percakapan
yang dibacakan oleh teman mereka.
|
Collaboration
|
Secara berkelompok, peserta
didik membuat factual report sesuai dengan kondisi yang telah ditentukan oleh
guru secara acak kepada setiap kelompok.
|
Communication
|
Peserta didik membacakan
hasil kerja kelompok mereka didepan kelas dan kelompok lain memberi koreksi
bila terdapat kesalahan.
|
Creativity
|
Peserta didik secara
individu membuat factual report mengenai hal apapun disekitar mereka dan
menuliskannya menggunakan aplikasi canva.
|
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|
Peserta didik dan guru mendiskusikan tentang point-point penting dalam
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
|
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Pengetahuan berupa tugas tertulis
-
Penilaian Keterampilan berupa produk
LAMPIRAN
A.
Penilaian Pengetahuan
Assignment
1.
Please
make 2 paragraph about the factual report.
2.
You
may choose to explain anything you are interested in.
3.
Your
assignment will be graded based on the following criteria rubric.
Criteria
|
Excellent
(76-100)
|
Good
(51-75)
|
Average
(26-50)
|
Poor
(1-25)
|
Level of Content
|
Content indicates synthesis of ideas, in-depth analysis and evidences
original though and support for the topic.
|
Content indicates original thinking and develops ideas with evidence
of critical thinking.
|
Content indicates thinking and reasoning applies with original though
on a few ideas.
|
Main points lack detailed development. Ideas are vague with little
evidence of critical thinking.
|
Grammatical form
|
Includes grammar structures correctly
|
Makes 1-5 mistakes with grammar structure
|
Makes more than 5 errors with grammar structure
|
Make many mistake in grammatical structure.
|
Scoring Table
Material :
Class / Semester :
No
|
Student’s Name
|
Level of content
|
Grammatical form
|
Total Score
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
B.
Penilaian Ketrampilan
Product :
1.
Please
rewrite your factual report in Canva.
2.
Edit
it using appropriate and suitable background and print it using A4.
3.
The
due date is on 15 February 2020.
Criteria
|
Excellent
(76-100)
|
Good
(51-75)
|
Avarage
(26-50)
|
Poor
(1-25)
|
Editing
|
The color gradation, choice of font, and editing is excellent
|
The color gradation, choice of font, and editing is good enough
|
The color gradation, choice of font, and editing is average
|
The color gradation, choice of font, and editing is poor
|
Grammatical form
|
Includes grammar structures correctly
|
Makes 1-5 mistakes with grammar structure
|
Makes more than 5 errors with grammar structure
|
Make many mistake in grammatical structure.
|
Scoring Table
Material :
Class / Semester :
No
|
Student’s Name
|
Editing
|
Grammatical form
|
Total Score
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar