Jumat, 11 Maret 2016

RPP INSTRUCTION KELAS 8



R ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         : SMPN 2 Sedati
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VIII / 1st   
Pertemuan ke-                         :
Alokasi waktu                        : 4 x 40  Menit

A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar  
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.4 Menerapkan struktur teks dan unsure kebahsaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan dengan konteks penggunaanya.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan member instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahsaan yang benar dan sesuai konteks

C.    Indikator
1.      Spiritual
Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
2.      Sosial
a.       Bersikap santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan guru dan teman.
b.      Bersikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
c.       Menunjukkan sikap bertangung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melakukan komunikasi fungsional secara konsisten.
3.      Pengetahuan
Mampu menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan dengan konteks penggunaanya.
4.      Ketrampilan
Mampu membuat ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijjin, serta cara meresponnya secara lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan member instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahsaan yang benar dan sesuai konteks.

D. Tujuan Pembelajaran
1.      Spiritual
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa internasional secara konsisten.
2.      Sosial
Setelah mempelajari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, siswa mampu bersikap jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai
3.      Pengetahuan
Setelah mempelajari ungkapan member instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, siswa diharapkan mampu menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.      Ketrampilan
Setelah pembelajaran, siswa diharapkan terampil memahami, menanyakan, dan menyatakan teks lisan dan tulis untuk:
a.       Memberi instruksi
b.      Mengajak
c.       Melarang
d.      Minta ijin
Serta responnya untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
E. Material
Teks lisan dan tulis untuk:
a. Memberi instruksi
b. Mengajak
c. Melarang
d. Minta ijin serta responnya

G. Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber:
- Buku Paket Siswa kelas VIII (Kemendikbud)
- English framework (MGMP Bhs.Inggris Sidoarjo)
- Buku sukses Bahasa Inggris SMP
      2.    Media Pembelajaran:  LCD, White Board, Board marker.
H.    Metode Pembelajaran
      1. Pendekatan                      : Scientific
      2. Metode                           : Student centered
      3.Teknik                             : Observasi, diskusi, tanya-jawab, pemberian tugas

I.       Langkah Pembelajaran

    Pertemuan pertama

AKTIFITAS
RANGKAIAN AKTIFITAS
WAKTU
Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam menggunakan bahasa Inggris.
2.      Peserta didik dan guru berdoa bersama.
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Peserta didik mendiskusikan ringkasan singkat mengenai pembelajaran sebelumnya bersama guru.
15 Menit
Kegiatan Inti
a.        Mengamati
1.      Peserta didik mengamati power point yang berisi beberapa percakapan yang telah dipersiapkan guru dan ditampilkan menggunakan Lcd di kelas.
     Menanya
2.      Para siswa dengan arahan guru bertanya tentang kosakata-kosakata sulit yang ada di power point.
     Menalar
3.      Secara individu peserta didik berusaha memahami makna percakapan yang ada dalam power point.
4.      Siswa bersama guru  mendiskusikan expresi-expresi yang ada pada power point yang ditampilkan.
     Mencoba
5.      Peserta didik secara acak mencoba membaca conversation yang ada di dalam power point.
6.      Peserta didik mencoba membuat contoh dari expresi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin.
   Mengkomunikasikan
7.      Peserta didik secara acak menyampaikan pemahaman mereka mengenai materi yang mereka pelajari hari ini serta membuat contoh dari expresi-expresi yang mereka pelajari hari ini












 55 Menit
Penutup
8.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
9.      Peserta didik mendapatkan tugas individu berupa soal-soal essay untuk dilengkapi daan dikerjakan dirumah

10 Menit


Pertemuan kedua

AKTIFITAS
RANGKAIAN AKTIFITAS
WAKTU
Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam menggunakan bahasa Inggris.
2.      Peserta didik dan guru berdoa bersama.
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 Menit
Kegiatan Inti
a.        Mengamati
4.    Secara berkelompok peserta didik mengamati video yang telah disiapkan guru.
     Menanya
5.      Para siswa dengan arahan guru bertanya tentang kosakata. alur cerita, maupun cara baca yang benar dari percakapan di dalam video yang telah mereka amati sebelumnya.
Menalar
6.    Secara berkelompok peserta didik berusaha menemukan .
     Mencoba
7.    Peserta didik secara berkelompok menuliskan inti cerita, pesan moral, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang mereka dapatkan dari cerita doraemon pada sebuah kertas Hvs berwarna.
   Mengkomunikasikan
8.    Beberapa anak (secara acak) menyampaikan secara singkat inti cerita, pesan moral struktur teks, dan unsur kebahasaan yang mereka dapatkan dari cerita “Manga” yang telah mereka baca dan amati sebelumnya.












60 Menit
Penutup
9.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
10.  Peserta didik mendapatkan tugas kelompok untuk membuat cerita naratif mereka sendiri.
11.  Peserta didik menjawab salam penutup dari guru

10 Menit


K.  Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir)
1.      Penilaian spiritual
2.      Penilaian social
3.      Penilaian pengetahuan
4.      Penilaian ketrampilan
       

                                                                                           Sidoarjo, 30 September 2015





                                                                                                  Carissa Stella Alim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIRECT INDIRECT

Dari gambar diatas, bisakah kalian menebak apa yang dimaks...