RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMPN 2 Sedati
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
VIII / 1st
MAteri : Invitation
Alokasi
waktu : 2 x 40 Menit (1
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.4 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahsaan
untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat
(greeting card), sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.4 Menyusun teks
tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan
sederhana.
4.5 Menyusun teks
tulis undangan dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
C.
Indikator
1.
Spiritual
a. Menunjukkan
kesungguhan dalam belajar sebagai bentuk rasa syukur.
b. Menunjukkan
kemauan untuk mencba.
2. Sosial
a. Bersikap
santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan guru dan teman.
b. Bersikap
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
c. Menunjukkan
sikap bertangung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melakukan
komunikasi fungsional secara konsisten.
3. Pengetahuan
a. Mampu menerapkan
dengan tepat struktur teks dari undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting
card), sesuai dengan konteks penggunaanya.
b. Menggunakan
unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan
pribaddi dan ucapan selamat (greeting card)
4. Ketrampilan
Menyusun teks tulis
undangan dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana,
dengan memperhatkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
D. Material Pembelajaran
●
Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran
didalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
sopan dan perduli.
●
Unsur
Kebahasaan
a. Tata Bahasa :
- Penggunnaan nominal singular dan plural
b. Ucapan, tekanan kata, intonasi
c. Ejaan dan tanda baca
d. Tulisan tangan
E. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
Screen,
laptop, LCD, whiteboard, boardmarker, etc.
2. Bahan
Gambar,
texts, dll.
3. Sumber Belajar:
Buku
Paket Bahasa Inggris kelas VIII
F. Langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama
AKTIFITAS
|
RANGKAIAN AKTIFITAS
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Peserta
didik merespon salam menggunakan bahasa Inggris.
2. Peserta
didik dan guru berdoa bersama.
3. Peserta
didik mendapat pertanyaan mengenai materi sebelumnya.
-
Give
example from prohibition!
-
Give
example from instruction!
-
Give
example from asking permission!
-
Give
example from giving invitation!
4. Peserta didik mendapatkan
pertanyaan-pertanyaan pemandu yang mengarah kepada materi yang akan
dipelajari, misalnya:
-
When
we invite someone to our birthday, what will we give to her/him?
-
How
the way to congratulate someone?
5. Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6. Peserta
didik mendiskusikan ringkasan singkat mengenai pembelajaran sebelumnya
bersama guru.
|
15
Menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh
contoh invitation card yang ada pada halaman pertama pada buku paket siswa.
Menanya
2. Para siswa dengan arahan guru
bertanya tentang kosakata-kosakata sulit dan
penggunaan dari invitation card serta greeting card.
Menalar
3. Secara individu peserta didik
berusaha mempelajari susunan bagian-bagian dari invitation card dan greeting
card.
Mencoba
4. Peserta didik bersama guru membaca
beberapa invitation card dan greeting card.
5. Peserta didik secara berkelompok mencoba
membuat invitation card dan greeting card dengan arahan guru.
Mengkomunikasikan
6. Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan invitation card dan greeting card yang telah mereka buat
secara berkelompok didepan kelas.
|
55 Menit
|
Penutup
|
7. Peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran.
8. Peserta didik mendapatkan tugas kelompok
untuk membuat greeting card.
9. Peserta didik menjawab salam
penutup dari guru
|
10
Menit
|
G. Penilaian
(Instrumen Penilaian Terlampir)
1.
Penilaian spiritual
2.
Penilaian social
3.
Penilaian pengetahuan
4.
Penilaian ketrampilan
H. Remedial dan Pengayaan
● Remidial
Pemberian
bimbingan secara khusus misalnya bimbingan perorangan
● Pengayaan
Secara
mandiri peserta didik belajar mencari text functional pendek berupa
instruction.
Sidoarjo, 28 Oktober 2015
Guru Mata Pelajaran Guru PPL (Mahasiswa)
Dra. Hj. Nur Diniyah Carissa Stella Alim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar