Sabtu, 12 Maret 2016

RPP INVITATION (KELAS 8)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                         : SMPN 2 Sedati
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : VIII / 1st   
MAteri                                    : Invitation
Alokasi waktu                         : 2 x 40  Menit (1 pertemuan)

A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar  
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.4 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahsaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.4 Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana.
4.5 Menyusun teks tulis undangan dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.    Indikator
1.      Spiritual
a.       Menunjukkan kesungguhan dalam belajar sebagai bentuk rasa syukur.
b.      Menunjukkan kemauan untuk mencba.
2.      Sosial
a.       Bersikap santun dan peduli dalam berkomunikasi dengan guru dan teman.
b.      Bersikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
c.       Menunjukkan sikap bertangung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melakukan komunikasi fungsional secara konsisten.
3.      Pengetahuan
a.       Mampu menerapkan dengan tepat struktur teks dari undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaanya.
b.      Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribaddi dan ucapan selamat (greeting card)
4.      Ketrampilan
Menyusun teks tulis undangan dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


D. Material Pembelajaran
   Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran didalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku sopan dan perduli.
   Unsur Kebahasaan
a.    Tata Bahasa :
-      Penggunnaan nominal singular dan plural
b.   Ucapan, tekanan kata, intonasi
c.    Ejaan dan tanda baca
d.   Tulisan tangan

E. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.   Media/Alat
            Screen, laptop, LCD, whiteboard, boardmarker, etc.
2.   Bahan
     Gambar, texts, dll.
3.   Sumber Belajar:
            Buku Paket Bahasa Inggris kelas VIII

F. Langkah Pembelajaran

    Pertemuan pertama

AKTIFITAS
RANGKAIAN AKTIFITAS
WAKTU
Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam menggunakan bahasa Inggris.
2.      Peserta didik dan guru berdoa bersama.
3.      Peserta didik mendapat pertanyaan mengenai materi sebelumnya.
-          Give example from prohibition!
-          Give example from instruction!
-          Give example from asking permission!
-          Give example from giving invitation!
4.      Peserta didik mendapatkan pertanyaan-pertanyaan pemandu yang mengarah kepada materi yang akan dipelajari, misalnya:
-          When we invite someone to our birthday, what will we give to her/him?
-          How the way to congratulate someone?
5.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.      Peserta didik mendiskusikan ringkasan singkat mengenai pembelajaran sebelumnya bersama guru.
15 Menit
Kegiatan Inti
a.        Mengamati
1.      Peserta didik mengamati contoh contoh invitation card yang ada pada halaman pertama pada buku paket siswa.
Menanya
2.      Para siswa dengan arahan guru bertanya tentang kosakata-kosakata sulit dan  penggunaan dari invitation card serta greeting card.
     Menalar
3.      Secara individu peserta didik berusaha mempelajari susunan bagian-bagian dari invitation card dan greeting card.
     Mencoba
4.      Peserta didik bersama guru membaca beberapa invitation card dan greeting card.
5.      Peserta didik secara berkelompok mencoba membuat invitation card dan greeting card dengan arahan guru.

   Mengkomunikasikan
6.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan invitation card dan greeting card yang telah mereka buat secara berkelompok didepan kelas.












 55 Menit
Penutup
7.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
8.      Peserta didik mendapatkan tugas kelompok untuk membuat greeting card.
9.      Peserta didik menjawab salam penutup dari guru

10 Menit



G.  Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir)
1.      Penilaian spiritual
2.      Penilaian social
3.      Penilaian pengetahuan
4.      Penilaian ketrampilan
  
H. Remedial dan Pengayaan
   Remidial
     Pemberian bimbingan secara khusus misalnya bimbingan perorangan
   Pengayaan
     Secara mandiri peserta didik belajar mencari text functional pendek berupa instruction.

                                                                                                Sidoarjo, 28 Oktober 2015
     Guru Mata Pelajaran                                                       Guru PPL (Mahasiswa)



     Dra. Hj. Nur Diniyah                                                        Carissa Stella Alim.
    
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIRECT INDIRECT

Dari gambar diatas, bisakah kalian menebak apa yang dimaks...